Uniform Resource Identifier (URI)

Uniform Resource Identifier – Dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai “identifikasi sumber daya”. URI ini serangkaian karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menunjukkan alamat atau lokasi dari sumber daya yang ada diinternet. Sumber menunjukkan alamat arau lokasi dari sumber daya yang ada di internet, sumber daya ini bisa berupa halaman web, gambar, dokumen, video,file, aplikasi, atau berbagai jenis data lainnya yang dapat diakses melalui internet.

Pentingnya URI dalam Dunia Internet

Dalam struktur internet, URI berperan penting karena memberikan cara standar bagi pengguna untuk menunjuk dan mengakses sumber daya secara tepat. URI membantu dalam dua hal utama:

1. Identifikasi Sumber Daya: URI membantu mengidentifikasi sumber daya yang ingin diakses atau diakses oleh pengguna. Ketika anda mengetikkan alamat situs web di kolom url atau mengklik tautan dihalaman web, anda sebenarnya menggunakan URI untuk mengakses sumber daya tersebut.

2. Alamat Sumber Daya: URI memberikan alamat unik yang dapat digunakan oleh pengguna atau program untuk menemukan dan mengakses sumber daya yang diinginkan. Pengalamatan ini memastikan bahwa setiap sumber daya memiliki lokasi yang jelas di internet, sehingga memudahkan distribusi dan aksesibilitas informasi.

Struktur URI

URI mempunyai struktur yang unik, dan terdiri atas 3 bagian yaitu:

1. Skema: Bagian pertama dari URI adalah skema, yang menentukan jenis layanan arau protocol yang digunakan untuk mengakses sumber daya. Contohnya adalah “http” untuk situs web biasa, “https” untuk situs web yang aman atau menggunakan SSL/TLS, “ftp” untuk transfer file, “mailto” untuk alamat email, dan banyak lainnya.

2. Otoritas: Bagian ini biasanya digunakan untuk menyatakan nama domain atau alamat server slot pulsa tempat sumber daya¬† tersebut berada. Misalnya, “www.contohweb.com” atau “ftp.example.com”.ssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

3. Path: Bagian ini menunjukkan jalur atau lokasi spesifik dari sumber daya di server. Misalnya , “/halaman-utama” untuk halaman utama situs web, atau “/gambar/logo.png” untuk gmabar logo didalam situs.

Contoh dari URI:

  • http://www.contohweb.com/halaman-utama
  • https://www.contohweb.com/gambar/logo.png
  • ftp://ftp.example.com/dokumen/manual.pdf
  • mailto: [email protected]

Jenis-Jenis URI

Dalam dunia internet, URI ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Uniform Resource Locator atau URL : URL adalah bentuk khusus dari URI yang menetapkan lokasi spesifik suatu sumber daya dan juga cara untuk mengaksesnya. URL sering digunakan ketika anda ingin mengarahkan seseorang ke halaman web tertentu atau saat ingin menautkan suatu gambar atau dokumen.

Contol URL:

  • http://www.contohweb.com/halaman-utama
  • https://www.contohweb.com/gambar/logo.png

2. Uniform Resouce Name atau URN : URN adalah bentuk dari URI yang digunakan untuk memberikan nama unik dan abadi untuk suatu sumber daya tanpa memperhatikan lokasi atau metode aksesnya. URN jarang digunakan dibandingkan URL, namun mempunyai kegunaan dalam konteks yang lebih khusus, seperti dalam standar identifikasi dokumen atau referensi yang stabil dan tak berubah.

URI dalam praktek

Setiap kali anda mengklik tautan di halaman web, mengetikkan alamat situs URI dibalik setiap tindakan sederhana yang kita lakukan sevara online. Namun, pemahaman tentang apa itu URI dan bagaimana cara kerjanya membantu kita menjadi lebih cerdas dalam memahami cara internet beroperasi.

Didalam dunia internet URI ini sebanarnya adalah konsep kunci yang membantu mengidentifikasi dan mengakses berbagai sumber daya secara tepat di dunia maya. Melalui skema, otoritas, dan path, URI memberikan alamat unik yang membantu kita menemukan halaman web, gambar, dokumen, dan sumber daya lainnya dengan mudah. Sederhananya, URI adalah “alamat” untuk konten dan informasi di internet. Dengan pemahaman tentang URI, kita dapat menghargai lebih dalam bagaimana internet bekerja dan bagaimana setiap tindakan kita terhubung dengan berbagai sumber daya yang berlimpah di dunia maya.