Kerjasama Bilateral

Kerjasama Bilateral РIni adalah istilah untuk Kerjasama antar negara atau bisa disebut kerja sama internasional,contoh negara Indonesia dengan negara lain yang diilustrasikan ,ketika kejadian tenggelamnya KRI Nanggala-402.  Pada saat itu,berbagai negara turut serta dalam upaca pencarian kapal tersebut. Mekipun demikian, tidak hanya itu saja, Indonesia juga telah melakukan berbagai macam kerjasama bilateral lainnya.

Alasan utama dibalik kerjasama saling bantu antara indonesia dan negara lain adalah untuk memperkuat persahabatan, mencapai perdamaian dunia, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan tujuan-tujuan lainnya.

Pengertian Kerja Sama Internasional
Kerja sama antar negara internasional sebetulnya adalah hubungan yang dijalani antar dua negara atau lebih dalam berbagai bidang untuk mencapai tujuan bersama. Ada banyak jenis kerjasama antar negara yang sering terjadi, misalnya pertukaran pelajar, perdagangan impor dan ekspor, investasi saham, dan berbagai bentuk kerjasama lainnya.

Faktor pemicu terjadinya kerja sama antar negara diketahui karena adanya persamaan maupun perbedaan. Misalnya saja, negara Indonesia memiliki kelebihan dalam hal sumber daya alam, seperti batu bara. Selain itu, terdapat suatu negara, yaitu Jepang, yang memiliki keunggulan di sektor teknologi. Keunggulan yang dimiliki oleh setiap negara ini menjadi faktor utama yang mendorong kerja sama internasional dalam hal ekspor dan impor.

Macam-Macam Kerjasama Internasional
Ada beberapa kerjasama yang dilakukan oleh dua negara,diantaranya :

1. Kerjasama Bilateral
Kerja sama bilateral merujuk pada kolaborasi antara dua negara yang mencakup hubungan diplomatik, perdagangan, pendidikan, dan aspek kebudayaan. Dalam membangun kerja sama bilateral, Indonesia mengutamakan slot gacor prinsip-prinsip saling menghormati, menghindari campur tangan dalam urusan internal negara lain, menolak penggunaan kekerasan, dan mengedepankan pencapaian konsensus.

Contoh Kerja sama Bilateral meliputi :

  1. Kemitraan strategis khusus antara Indonesia dan Korea, yang difokuskan pada bidang pertahanan dan perdagangan.
  2. kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Korea (IK-CEPA), yang juga dikenal sebagai indonesia – Korea Comprehensive Economic Partnership, bertujuan untuk meningkatkan kerjasama ekonomi antar kedua negara.
  3. Kerja sama antara Indonesia dan Amerika sedikat dalam penaggulangan COVID-19 serta upaya meningkatakan neraca perdagangn.
  4. Kerja sama Indonesia-Brazil dalam meningkatkan mutu genetik protein hewani dan pengembangan peternakan nasional.
  5. Indonesia dan Jerman menjalin kolaborasi dalam ekspor produk perkebunan, termasuk kopi, teh, tembakau, dan minyak kelapa sawit. Jerman juga mengimpor beberapa barang elektrikyang tidak diproduksi di indonesia.
  6. Kerjasama antara Indonesia dan Jerman dalam peneneman modal usaha, seperti krakatau Steel dan industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).
  7.  Pertukaran pelajar dan mahasiswa Indonesia-Jepang dalam bidang teknologi.
  8. Kerja sama Indonesia dengan beberapa negara di Asia Pasifik terkait perjanjian ekonomi dan perdagangan di kawasan tersebut.

2.Kerja sama di tingkat regional
Kerja sama di tingkat regionalselain kerja sama bilateral, mencakup kerja sama antar negara di suatu kawasan tertentu. Sebagai contoh, Indonesia telah terlibat dalam kerja sama regional melalui ASEAN (Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara). ASEAN adalah sebuah entitas yang terbentuk oleh sepuluh negara di wilayah Asia Tenggara.

Di ASEAN, terdapat berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan. Salah satunya adalah kerja sama internasional dalam bidang politik dan keamanan. Selain itu, juga terdapat kerja sama di bidang sosial dan budaya. Selanjutnya, terdapat kerja sama ekonomi yang didasarkan pada konsep pasar tunggal dan produksi bersama.

Tujuan dari Kerjasama Internasional 

1. Mempererat Persahabatan
2. Menciptakan Perdamaian Dunia
3. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
4. Memperluas Tenaga Kerja
5. Meningkatkan Kemajuan di Berbagai Bidang
6. Untuk Melengkapi Kebutuhan Negara
7. Mencegah Terjadinya Konflik

Penting untuk diketahui, beberapa negara di Asia dan Afrika baru saja mendapatkan kemerdekaan pada periode ini. Konferensi Asia Afrika adalah bentuk kerja sama antara negara-negara baru merdeka tersebut dalam arena global, termasuk Indonesia.

Ini adalah contoh kerja sama bilateral, multilateral, dan regional. Semoga semua informasi di atas memberikan manfaat bagi Anda. Jika Anda tertarik mencari buku tentang kerja sama internasional lainnya.